Cara Membersihkan AC Mobil

Cara Membersihkan AC Mobil - Air Conditioner atau AC adalah salah satu fitur atau bagian yang paling penting dalam mobil anda karena bisa memberikan kenyamanan pada saat anda sedang mengendarai mobil. bayangkan saja jika anda sedang terjebak macet dikota besar yang panas kemudian AC mobil anda sedang mati, anda tidak akan meraskaan kenyamanan. Namun merawat AC juga bukan hal yang mudah karena sering sekali bagian mobil yang mudah rusak dan rewel adalah AC, seperti menilmbulkan bau, tiba – tiba tidak dingin, kemudian menimbulkan bunyi. Berikut ini kami berikan tips membersihkan AC mobil untuk anda :

Cara Membersihkan AC Mobil

  1. Lakukan pemerikasaan pada refrigant. Biasanya ada bocor sambungan pipa AC sehingga tidak menyebabkan dingin.
  2. Jika AC pada mobil anda sudah berumur tua biasanya akan menyebabkan Evaporator bocor. Sebaiknya bersihkan Condensor dan evaporator AC mobil anda.
  3. Mengganti filter yang berfungsi sebagai pengering atau penyerap kandungan air.
  4. Lakukan pemeriksaan yang rutin untuk membersihkan blower dan kisi – kisi saluran AC agar tidak terjadi bunyi –bunyi pada AC yang akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.
  5. Anda juga perlu melakukan hal – hal kecil seperti membersihkan karpet mobil terutama dua karpet didepan dan menutup rapat pintu jendala bila AC dinyalakan agar terhindar dari AC yang menimbulkan bau.
  6. Gunakan pengharum mobil dengan mutu yang terjamin dan bermerek.
  7. Dan yang paling penting jangan merokok ketika AC anda sedang dinyalakan karena bisa membuat kerusakan pada AC dan membuatnya berbau tidak sedap.
Merawat AC mobil mutlak harus di lakukan secara rutin karena begitu diabaikan sedikit saja sudah mampu membuat rusak dan menimbulkan masalah yang lainnya. Alur kerja AC dimulai pada Compressor sebagai penggerak sirkulasi kemudian refrigerant akan mendorong refrigerant ke Condensor. Pada Condensor, Refrigant akan berubah menjadi cair. Refirigant akan mengalir untuk melewati receive atau filter dan ditempat ini kotoran akan ditampung. Tahap yang selanjutnya adalah refrifant lalu masuk ke expansion valve dan evaporator dirunag kabin, refrigant berubah dari kabut menjadi gas. Efek udara yan dihembuskan oleh blower pada evaporator akan keluar dari kisi – kisi angina menjadi udara dingin.

Sekian informasi yang bisa saya berikan tentang tips membersihkan AC mobil, semoga bermanfaat bagi anda.

 Jadi Jaya Motor
Bengkel AC Mobil Pekanbaru - Riau
Share:

Hot in week