Rawat Pintu Mobil, Yuk!



Bagian-bagian pintu mobil sebenarnya perlu mendapat perlakuan khusus. Kadang keberadaan pintu mobil sering luput dari perhatian kita, padahal jika terjadi kerusakan pada bagian ini bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

Berikut tips merawat pintu mobil agar makin sip!

1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti berbagai jenis obeng, kuas, solar, gemuk dan pelumas berupa semprotan.

2. Buka trim pintu dengan posisi kaca turun kemudian buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng . Untuk mobil dengan sistem power window copot sakelar.

3. Bersihkan kotoran yang menempel di  lis kaca pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.

4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.

5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar jangan lupa olesi dengan menggunakan gemuk.

6. Setel ulang kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang, dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.

7. Perhatikan juga handle pintu, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan atau tidak. Lumasi dengan pelumas semprotan jika diperlukan. Cek juga dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.

8. Selesai. Pasang kembali panel pintu. Untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali. Perhatikan setiap sekrup sudah terpasang pada setiap bagiannya yang ada di trim pintu.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut minimal enam bulan sekali untuk menjaga kondisi pintu mobil Anda.

JADI JAYA MOTOR

JL.Paus Ujung No.46 Tangkerang Tengah
0813 65 900 858
PEKANBARU
Share:

Hot in week