JANGAN SALAH MEMILIH SALON MOBIL...!!!!!!!


Pemilik mobil yang melakukan perawatan secara menyeluruh hingga pemolesan body sampai ke pembersihan bagian interior hanya segelintir orang saja, dalam pengerjaannya pun banyak yang salah cara dan tetap perbandingannya lebih banyak yang enggan untuk melakukannya perawatan mobil sendiri, karena disebabkan banyak faktor, salah satunya dikarenakan sang pemilik tidak memiliki cukup waktu untuk itu semua karena faktor kesibukkan. Solusi dari itu semua, akhirnya pemilik mobil memanfaatkan jasa perawatan mobil atau salon mobil untuk melakukan perawatan mobilnya secara menyeluruh.

Pengerjaan salon mobil itu sendiri umumnya hanya mencakup 2 jenis pelayanan :

  1. Car Wash : Layanan pencucian mobil dengan menggunakan shampoo khusus yang dapat membersihkan dan menjaga kilap dan warna cat mobil. Pengerjaannya ada yang masih manual ataupun menggunkan mesin car wash.
  2. Perawatan Auto Glym / Glare : Adalah layanan perawatan kebersihan dan keindahan mobil secara menyeluruh, mulai dari interior, eksterior sampai mesin mobil. Cakupannya  menghilangkan goresan halus body, Warna cat akan kembali segar seperti baru, Interior mobil jadi bersih sampai mesin pun dapat menjadi bersih.
Namun saat ini pelayanan salon mobil juga semakin meluas tidak hanya sebatas dari 2 jenis pelayanan seperti tertulis diatas, namun pelayanan lainnya seperti paint protection dan pelapisan anti karat, menghilangkan penyok skala kecil dan banyak lagi, setiap salon mobil mengembangkan jenis pelayanan yang berbeda-beda.

Menggunakan jasa salon mobil memang menjadi solusi perawatan yang benar, akan tetapi kenyataannya, dari sekian banyak tempat salon mobil, ternyata tidak semua salon mobil di Indonesia dapat memberikan pelayanan yang baik dan benar, sehingga ujung-ujungnya
dapat memberikan hasil perawatan yang kurang memuaskan atau bahkan malah memperburuk kondisi mobil, seperti misalnya banyaknya goresan halus, warna cat yang memudar, interior yang menjadi lebih cepat berbau dan lain sebagainya. Tetapi bila dilihat dari sudut pandang konsumen yang mengalami kekecewaan dalam hal ini, yang bisa disalahkan ya si konsumen itu sendiri, karena dia juga yang tidak teliti dalam memilih salon mobil.

Untuk itu agar SO mania yang ingin menggunakan jasa salon mobil, ada baiknya memperhatikan dan mencari tahu dulu kredibilitas/ ke-professional-an salon mobil tersebut agar tidak mengalami kekecewaan yang sangat merugikan. Untuk mengetahui bagus atau tidak sebuah salon mobil sebenarnya banyak cara yang mudah untuk dilakukan calon konsumen. Intinya secara kualitas hasil salon jelas ditentukan dari beberapa faktor, yaitu :
  • Bahan dan alat yang berkualitas tinggi tentunya akan memberikan hasil yang cukup memuaskan buat konsumen. Bagaimana cara mengetahuinya..? sebenarnya mudah, karena seorang konsumen sebenarnya punya hak untuk mengetahui apa saja bahan dan alat yang digunakan salon tersebut dengan bertanya sebaik mungkin ke pengelola dan umumnya salon mobil yang professional akan memperlihatkan bahan dan alat yang digunakan, karena itu yang dapat menjadi nilai jualnya.
  • Pekerja / SDM salon mobil tidak hanya dibutuhkan keahlian yang baik, akan tetapi dibutuhkan juga kesabaran, ketelitian dalam proses pengerjaan dari awal sampai akhir dan tak lupa juga menguasai prinsip kerja bahan dan alat perawatan yang digunakan agar tepat sasaran. Misalnya pekerja harus mengetahui setiap bahan perawatan untuk interior dan eksterior sesuai dengan bahannya. Cara mengetahuinya, SO mania juga boleh menanyakannya pada pengelola, apakah salon mobilnya mempunyai standarisasi langkah pengerjaan yang dipakai untuk mengatur pekerjanya. Pastikan sebelum melakukan pemolesan, salon mobil tersebut harus melakukan proses pencucian mobil, meskipun tidak mempunyai fasilitas khusus pencucian mobil.
  • Jenis Pelayanan yang diberikan salon mobil tersebut cukup menyediakan banyak pilihan paket perawatan, karena dari sini konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan perawatan untuk mobilnya. Misalnya ada pilihan perawatan khusus pencucian, pemolesan cat body untuk menghilangkan jamur, perawatan kaca, full interior ataupun eksterior. Dengan begitu SO mania juga tidak perlu melakukan perawatan yang sebenarnya belum dibutuhkan, misalnya saat datang ke salon mobil sebenarnya hanya ingin melakukan perawatan kaca saja, namun karena tidak ada pilihan paket, So mania jadi harus membayar perawatan eksterior secara menyeluruh hingga poles body, padahal baru 2 hari yang lalu melakukan poles mobil sendiri, tentunya itu akan membuang uang saja bukan...?

Aneka tools yang dapat digunakan
Nah..buat SO mania yang masih suka merawat mobilnya sendiri, JADI JAYA MOTOR memberikan tips buat pemolesan mobil agar hasilnya baik, yaitu :
  1. Untuk pencucian gunakan shampo khusus perawatan mobil dan jangan menggunakan sabun atau shampo yang mengandung deterjen.
  2. Berilah wax atau pelindung cat setelah pencucian dilakukan secara rutin sekitar sebulan sekali agar permukaan dan warna cat terjaga.
  3. Gunakan alat untuk mobil pencucian mobil secara terpisah dan berbeda untuk bagian bawah dan atas mobil, SO mania bisa menggunakan 2 spoon khusus untuk bagian atas dan bawah mobil.
  4. Gunakan juga lap dengan bahan yang lembut halus untuk mengeringkan ataupun memoles body biar tidak terjadi goresan halus pada body 

Bagi anda yang mencari jasa salon mobil atau poles mobil panggilan di pekanbaru, dapat menghubungi admin Jadi Jaya Clean Car via WhatsApp 082363503322 .
Share:

Hot in week