Bila Cat Bodi Mobil Tergores

Berkendara di Ibukota yang padat ini memerlukan konsentrasi tinggi alias extra hati-hati. Karena kepadatan lalu lintas, menyebabkan kendaraan rentan tergores oleh benda apa saja secara sengaja atau tidak. Untuk mengatasi cacat ringan, khususnya pada bagian cat tak harus selalu kebengkel, apalagi kalau kocek lagi kering. Anda bisa mengatasi cacat ringan pada permukaan cat mobil atau motor anda dirumah.

1. Bila bodi hanya tergores ringan, cukup gunakan kompon putih yang bisa anda beli di bengkel. Dan dengan menggunakan bahan katun (kaus) bisa beli di toko besi, olesilah bagian yang cacat. Diamkan sekitar satu menit. Lalu gosok menggunakan bahan kaus bersih dengan gerakan memutar sampai goresan hilang.

2. Jika permukaan cat mengelupas hingga tampak dempulnya, langkah yang dapat di ambil adalah dengan menutup bagian tersebut dengan cat sesuai warna kendaraan Anda. Gunakan kuas kecil. Setelah kering, olesi dengan kompon kuning. Lalu, lap berkali-kali dengan bahan kaus.

3. Untuk kerusakan agak berat hingga cat dasar agak terkoyak, amplaslah bagian tersebut hingga benar-benar bersih untuk mencegah timbulnya korosi. Oleskan dempul sanpolak, tunggu beberapa menit, kemudian amplas pelan pelan sampai permukaan rata. Untuk hasil yang lebih bagus anda bisa lapisi dengan cat poksi sebelum mulai pengecatan. Tunggu hingga kering. Lantas lapisilah lapisan tadi dengan cat dasar. Kemudian poles dengan warna aslinya. untuk hasil yang maksimal campurkan clear (anti gores)  untuk pengecatan finishing. Sesudah kering, olesi dengan kompon putih. Gosok pakai bahan kaus yang halus dengan gerakan memutar hingga warnanya serupa dengan cat lama.

Harapan penulis, mudah-mudahan anda tidak akan mengalami hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara sekalipun hanya mengalami tergores pada kendaraan anda. Semoga keselamatan dan kesehatan selalu dilimpahkan oleh Allah SWT kepada kita semua. Amin.
Share:

Hot in week